Minggu, 01 Januari 2012

sudahkah kita tahu ?


                Semalam hiruk pikuk kemeriahan menyelimuti  seluruh Jogjakarta. Aku memang memilih kota ini sebagai alternative mengisi week end karena rutinitas kuliah yang benar – benar menyita waktu, tenaga juga pikiran. Semalam kemeriahan perayaan pergantian tahun baru terjadi di banyak tempat, termasuk muda-mudi yang haus euphoria tahun baru. Berboncenan yang bukan mahram, bergandengan tangan, lebih-lebih berdua hingga pagi dengan kekasih yang belum Halal statusnya. Naudzubillahi min dzalik
Aku beruntung memiliki teman yang luar biasa. Kami menghabiskan waktu untuk mendengarkan kajian di salah satu universitas negri di Jogjakarta. Rasanya benar-benar bahagia. Tidak ada hingar bingar kembang api, tak ada muda-mudi yang sedang berpacaran. Rasa bahagia itu muncul begitu saja. Rasa bahagia ketika ada hal-hal yang membuatmu sangat tenang rasa itu kudapat  karena menuntut ilmu.
Kita sering disibukkan dengan hal-hal semacam perayaan yang sebenarnya belum kita tahu asalnya. Tahukah kita bahwa perayaan masehi jelas bukan perayaan islam? Dinilai dari namanya saja sudah buakn perayaan islam
Rasulullah saw. bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari mereka”. (HR. Ahmad dan Abu Daud dengan sanad yang jayyid)


Maksud hadits di atas adalah larangan menyerupai suatu kaum, baik ibadahnya, adat-istiadatnya, juga gaya hidupnya.
At-Tasyabbuh secara bahasa diambil dari kata al-musyabahab yang berarti meniru atau mencontoh, menjalin atau mengaitkan diri, dan mengikuti. At-Tasybih berarti peniruan. Dan mutasyabihah berarti muatamatsilat (serupa).
Tasyabbuh yang di larang dalam Al-Quran dan As-Sunnah secara syari'i adalah menyerupai orang-orang kafir dalam segala bentuk dan sifatnya, baik dalam aqidah, peribadatan, kebudayaan, atau dalam pola tingkah laku yang menunjukan ciri khas mereka.

“Bahagia itu sederhana ketika kau menemukan ketenangan dalam hatimu”

                                                                                                Jogjakarta, January 1st 2012
                                                                       
                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar